Penduduk Nilfgaardia tahu keberadaan Yennefer, tetapi informasi tersebut tidaklah gratis. Seekor Griffin telah menimbulkan banyak masalah kepada pasukan Nilgaardia dan mereka ingin kamu menghabisinya sebagai imbalan unuk informasi mengenai keberadaan Yennefer.
Undiscovered Location | Source: ign.com
Setelah meninggalkan Barak Nilfgaardia, buka peta. Didekat sungai, sebelah utara dari barak, kamu akan melihat Lokasi yang tidak diketahui (?). Itu merupakan tanda untuk Harta karun: Spoils of War. Berenang ke perahu yang karam dan menyelam kedalam untuk menemukan Maribior Sword of Steel dan beberapa uang. Disamping beberapa item tersebut, juga ada Buckthorn tumbuh disekitar dasar sungai. Kamu membutuhkannya untuk memancing Griffin. Simbol tanaman akan muncul di peta ketika kamu berenang cukup dekat dengan tanaman tersebut. Menyelam kebawah dan gunakan Witcher sense untuk mengambil beberapa tanaman itu. Berenang kembali ke tepi sungai dan naiki kudamu untuk menuju sarang Griffin.
Buckthorn | source: ign.com
Untungnya, sarang Griffin ditandai di peta. Segera menuju arah selatan barat daya bagian sudut peta dari White orchard dan investigasi daerah tersebut. Setelah investigasi tempat terbunuhnya beberapa orang Nilfgaardia, gunakan witcher sense dan ikuti jejak berwarna merah menaiki bukit. Pada puncak bukit, kamu akan menemukan jasad Griffin betina. Investigasi jasadnya. Jasad tersebut akan memberi petunjuk keberadaan Griffin yang lain yang sedang marah. Dengan informasi tentang makhluk dan Buckthron ini, pergi temui Vesemir di penginapan. Kamu akan membuat beberapa persiapan dengannya. Vesemir akan memasang beberapa perangkap. Pergi dan temui dia ketika kamu sudah siap. Pada daerah penyergapan, Griffin akan datang dan mengambil umpannya.
The Nest | source: ign.com
Mini Boss: Royal Griffin
Ada dua bagian dari pertarungan ini. Dengan senjata barumu yaitu Crossbow, kamu dapat menembak dan menjatuhkan Griffin dari udara jika tembakanmu tepat sasaran. Ketika Griffin mulai menukik turun untuk menyerang, menghindar kesisi kiri atau kanan untuk mengindari damage. Sesaat setelah Griffin mendarat, gunakan Thunderbolt potion yang akan meningkatkan seranganmu. Tetap berada di sisi samping Griffin dan serang menggunakan Silver Sword.
Setelah darah/HP Griffin menurun hingga setengah, dia akan terbang. Tunggangi kudamu dan ikuti Griffin tersebut. Ketika kamu sudah dekat dengan lokasi pertarungan berikutnya, selesaikan pertarungan dengan cara yang sama. Hindari serangan menukiknya dan serang Griffin dari arah samping. Crossbow memiliki peluru yang tak terbatas, jadi kamu tidak perlu cemas soal itu. Gunakan Thunderbolt potion ketika Griffin sedang terjatuh, karena kamu tidak akan bisa menyerang menggunakan pedang saat dia berada di udara.

Setelah Griffin tewas, bawa kepala monster tersebut ke barak Nilfgaardia. Selama pembicaraan di Barak kamu akan menerima beberapa pertanyaan dimana kamu harus menjawab dengan cepat. Beberapa opsi seperti ini mempengaruhi jalan cerita namun kali ini tidak akan berpengaruh apa-apa, jadi kamu tidak usah cemas dengan pilihanmu. Setelah kamu menerima hadiahnya (atau tidak menerimanya) dan telah mengetahui keberadaan Yennefer, Misi utama Lilacand Gooseberries akan berlanjut.